Lowongan Kerja Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
Lowongan Kerja Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Terbaru - Kementerian Keuangan atau Kemenkeu adalah kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara. Kementerian Keuangan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kementerian Keuangan dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan. Untuk meningkatkan kinerja serta mewujudkan visi misi nya, Kemenkeu kembali membuka Lowongan Kerja kesempatan kepada putra putri Indonesia untuk bergabung menjadi bab dari Kemenkeu (Kementerian Keuangan) melalui Rekrutmen Loker Terbaru Kemenkeu sebagai berikut :
SELEKSI PEMENUHAN KEBUTUHAN PEGAWAI
Untuk mencapai visi perusahaan yaitu menjadi kelompok bisnis terkemuka di Indonesia yang memperlihatkan pelayanan terbaik kepada stakeholder-nya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang mencari cowok - pemudi terbaik yang sangat kompeten dan termotivasi diri untuk mengisi posisi lowongan kerja terbaru 2017.
Dalam rangka memperluas jaringan bisnis terbaru bulan Juni 2017 dan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya insan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Lowongan Terbaru posisi: BANYAK POSISI LOWONGAN.
Pada hari ini bulan Juni 2017 Kemenkeu kembali membuka kesempatan berkarir atau membuka Lowongan Kerja Terbaru bulan Juni 2017 untuk banyak sekali posisi terbaru dengan kualifikasi sebagai berikut :
Posisi Lowongan Kerja Kemenkeu :
Dalam rangka mengisi kebutuhan pegawai pada Pengelola Portal Indonesia National Single Window (PP INSW), Kementerian Keuangan membuka kesempatan kepada pegawai dilingkungan Kementerian/Lembaga maupun profesional untuk mendaftarkan diri pada Seleksi Pemenuhan Kebutuhan Pegawai Pengelola Portal Indonesia National Single Window dengan ketentuan sebagai berikut :
SELEKSI PEMENUHAN KEBUTUHAN PEGAWAI
PENGELOLA PORTAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW
I. KRITERIA UMUM
- Pria/wanita;
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- memiliki akhlak, moral dan integritas yang baik;
- sehat jasmani dan rohani;
- memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada Kriteria Khusus;
- memiliki pengalaman, keilmuan, dan keahlian dalam bidang sesuai jabatan yang dipilih sebagaimana dimaksud pada Kriteria Tambahan.
II. KRITERIA KHUSUS
## Bagi Pelamar Non PNS :
- memiliki pengalaman kerja, paling sedikit 2 (dua) tahun pada bidang yang relevan;
- berusia paling kurang 25 tahun pada tanggal 1 Mei 2017, dan berusia maksimal:
- 35 tahun untuk pelamar posisi sebagai Analis atau Penangan Perkara (pelaksana);
- 40 tahun untuk pelamar posisi sebagai Kepala Subdivisi; dan/atau
- 45 tahun untuk pelamar posisi sebagai Kepala Divisi.
- tidak sedang/pernah tersangkut masalah aturan baik pidana maupun perdata;
- mendapatkan minimal 1 (satu) rekomendasi dari pemberi kerja/atasan sebelumnya; dan
- mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi.
## Bagi Pelamar berstatus PNS :
- Berstatus PNS aktif pada:
- Kementerian Keuangan;
- Kementerian Perdagangan;
- Kementerian Perindustrian;
- Kementerian Kesehatan;
- Kementerian Pertanian;
- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan;
- Kementerian Kelautan dan Perikanan;
- Kementerian Komunikasi dan Informasi;
- Kementerian Perhubungan;
- Badan Pengawas Obat dan Makanan;
- Badan Karantina Pertanian;
- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.
- tidak pernah dijatuhi eksekusi disiplin tingkat sedang atau tingkat berat, tidak sedang menjalani eksekusi disiplin/tidak dalam proses investigasi pelanggaran disiplin, serta tidak sedang/pernah tersangkut masalah aturan baik pidana maupun perdata;
- berusia paling kurang 25 tahun pada tanggal 1 Mei 2017, dengan masa kerja sebagai PNS minimal selama 5 (lima) tahun, selain itu berusia maksimal:
- 35 tahun untuk pelamar posisi sebagai Analis atau Penangan Perkara (pelaksana);
- 40 tahun untuk pelamar posisi sebagai Kepala Subdivisi; dan/atau
- 45 tahun untuk pelamar posisi sebagai Kepala Divisi.
- mendapatkan surat ijin dari Pimpinan Unit Eselon I bagi pelamar yang berasal dari Kementerian Keuangan dan Sekretaris Jenderal/ Sekretaris Utama Kementerian/Lembaga bagi pelamar dari luar Kementerian Keuangan dan disampaikan paling lambat pada waktu pelaksanaan Seleksi Wawancara;
- bersedia dan disetujui untuk ditugaskan di PP INSW sekurang-kurangnya untuk jangka waktu 4 (tahun) dan sanggup diperpanjang;
- mendapatkan nilai rata-rata “Baik” pada Nilai Prestasi Kerja Pegawai (NPKP) dalam 2 (dua) tahun terakhir;
- mendapatkan minimal 1 (satu) rekomendasi dari atasan langsung/ atasan sebelumnya/ pejabat lainnya; dan
- mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi.
III. POSISI YANG DITAWARKAN :
1. Kepala Divisi Hubungan Antar Lembaga (1 jabatan) - [Kode KDHAL]
Deskripsi :
mengkoordinasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktivitas kerjasama dalam/luar negeri, komunikasi serta penyiapan rekomendasi penataan peraturan terkait pengelolaan Portal Indonesia National Single Window (INSW) dalam penanganan dokumen kepabeanan, perizinan, logistik, kepelabuhanan dan kebandarudaraan.
Kriteria Tambahan :
- pendidikan minimal Strata 1, diutamakan di bidang korelasi publik atau ilmu hukum;
- menduduki jabatan sebagai berikut :
- Bagi PNS, pernah/sedang menduduki jabatan struktural sebagai Kepala Seksi/Kepala Subbagian/ Kepala Subdivisi/ Jabatan Fungsional yang setara dengan minimal pangkat Penata Tingkat I (Gol. III/d) bagi pelamar jabatan Kepala Divisi.
- Bagi non PNS, pernah/sedang menduduki jabatan manajerial sebagai manajer (senior manajer) atau jabatan lain yang setara.
- memiliki pengalaman di bidang korelasi publik, korelasi masyarakat, dan/atau penyusunan peraturan;
- memiliki kemampuan diplomasi, negosiasi, dan komunikasi;
- mampu berkomunikasi memakai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik.
2. Kepala Subdivisi Tata Kelola Teknologi Informasi (1 jabatan) - [Kode KSTKTI]
Deskripsi:
melaksanakan tata kelola teknologi informasi, manajemen akses, serta pengolahan data pada sistem Portal INSW.
Kriteria Tambahan:
- pendidikan minimal Strata 1, diutamakan di bidang teknologi gosip atau statistik;
- menduduki jabatan sebagai berikut:
- bagi PNS, minimal menduduki jabatan pelaksana dengan pangkat Penata (Gol. III/c) bagi pelamar jabatan Kepala Subdivisi.
- bagi non PNS, pernah/sedang menduduki jabatan supervisor (senior supervisor) atau jabatan lain yang setara.
- memiliki pengalaman penyusunan gosip manajerial dan/atau decision support system (DSS).
3. Analis Proses Bisnis (4 jabatan) - [Kode APB]
Deskripsi :
melaksanakan analisis dan penilaian pelaksanaan kebijakan proses bisnis di bidang kepabeanan, perizinan logistik, kepelabuhanan, dan kebandarudaraan.
Kriteria Tambahan:
- pendidikan minimal Strata 1, diutamakan di bidang ilmu hukum, statistik, ekonomi, manajemen, atau bisnis;
- Untuk pendaftar PNS, minimal mempunyai pangkat Pengatur (Gol. II/c);
- memiliki pengalaman dan pemahaman terkait proses bisnis perijinan/rekomendasi terkait ekspor dan impor;
- memiliki pengalaman dalam penyusunan presentasi, infografis, dan/atau diagram alir (flow chart).
4. Analis Pengembangan dan Operasional Sistem (8 jabatan) - [Kode APOS]
Deskripsi :
melaksanakan analisis pengembangan dan integrasi sistem aplikasi, operasional sistem dan jaringan, pengolahan data dan informasi, serta tata kelola teknologi informasi.
Kriteria Tambahan:
- pendidikan minimal Diploma III;
- untuk pendaftar PNS, minimal mempunyai pangkat Pengatur (Gol. II/c);
- memiliki salah satu/beberapa pengalaman dan keahlian di bidang :
- Konsep pengembangan, implementasi, dan pengelolaan sistem aplikasi berbasis web (web programming);
- konsep dan pengelolaan jaringan komputer, diutamakan yang mempunyai sertifikasi keahlian jaringan komputer menyerupai CCNA (Cisco Certified Network Associate);
- konsep dan pengelolaan server beserta aplikasinya;
- konsep dan pengelolaan database beserta aplikasinya, serta menguasasi keahlian penggunaan database management tools;
- konsep dan pengelolaan relational database, PL/SQL (Procedural Language/Structured Query Language);
- konsep dan tata kelola teknologi informasi, diutamakan yang memahami konsep framework tata kelola (seperti COBIT, ITIL, dsb);
- analisis dan penyusunan diagram alir (flow chart) dari sistem aplikasi;
- konsep dan pengolahan data memakai pendekatan statistika.
5. Analis Hubungan Antar Lembaga (6 jabatan) - [Kode AHAL]
Deskripsi :
melaksanakan analisis materi kerjasama dalam/luar negeri, bimbingan teknis, edukasi, dan komunikasi, serta rekomendasi penataan peraturan terkait National Single Window.
Kriteria Tambahan :
- Pendidikan minimal Strata I di bidang yang berafiliasi dengan ilmu hukum, korelasi publik, ilmu komunikasi, atau jurnalistik;
- untuk pendaftar PNS, minimal mempunyai pangkat Pengatur (Gol. II/c);
- mampu berkomunikasi dan menulis laporan dengan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris;
- memiliki pengalaman di bidang :
- penyusunan peraturan perundang-undangan (legal drafting); dan/atau
- perancangan dokumen perjanjian internasional.
- memiliki pengetahuan ihwal perdagangan internasional dan logistik.
6. Penangan Perkara (1 jabatan) - [Kode PP]
Deskripsi :
melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan laporan atas pemberian pertolongan hukum, pendapat hukum, dan penanganan masalah aturan sesuai dengan Dasar Peraturan
Perundang-undangan serta Prosedur yang berlaku.
Kriteria Tambahan :
- pendidikan minimal Strata I di bidang ilmu hukum;
- untuk pendaftar PNS, minimal mempunyai pangkat Pengatur (Gol. II/c);
- memiliki pengalaman di bidang:
- pendampingan dalam penanganan masalah aturan pidana/perdata; dan
- penyusunan peraturan perundang-undangan (legal drafting).
IV. DOKUMEN PERSYARATAN
## Bagi Non PNS:
- surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi; (Form A)
- fotocopy ijazah terakhir;
- surat keputusan/keterangan jabatan;
- bukti lapor SPT Tahun Pajak 2016;
- rekomendasi dari pemberi kerja dikala ini/sebelumnya (1 rekomendasi atau lebih);
- pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 buah dengan latar belakang merah;
- curiculum vitae dengan mencantumkan pengalaman bekerja hingga dikala ini; (Form B)
- statement of interest (berisi antara lain motivasi menentukan PP INSW; kenapa anda layak diterima sebagai pegawai PP INSW, dan apa yang akan dilakukan bila diterima pada posisi yang diminati); (Form C)
- esai (sesuai dengan posisi yang diminati), khusus untuk Jabatan Kepala Divisi dan Kepala Subdivisi);
- surat pernyataan dari pelamar (bermaterai dan ditandatangani) yang memuat hal-hal di bawah ini : (Form E2)
- bersedia mematuhi ketentuan seleksi;
- menyatakan kebenaran seluruh dokumen yang dilampirkan;
- menyatakan keaslian esai;
- pernyataan tidak pernah/sedang tersangkut masalah aturan pidana maupun perdata
## Bagi PNS :
- surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi; (Form A)
- fotocopy ijazah terakhir;
- surat izin:
- Dari Pimpinan Unit Eselon I bagi pelamar yang berasal dari Kementerian Keuangan;
- Dari Sekretaris Jenderal/ Sekretaris Utama Kementerian/ Lembaga bagi pelamar dari luar Kementerian Keuangan yang memuat pernyataan persetujuan bagi pelamar untuk ditempatkan di PP INSW sekurang-kurangnya 4 tahun dan sanggup diperpanjang;
- rekomendasi dari atasan langsung/ atasan sebelumnya/ pejabat lainnya (1 rekomendasi atau lebih);
- fotocopy SK Pengangkatan PNS legalisir;
- fotocopy SK Kepangkatan terakhir legalisir;
- fotocopy SK Jabatan legalisir (jika ada);
- fotocopy Nilai Prestasi Kerja PNS (NPKP) 2 (dua) tahun terakhir legalisir;
- bukti lapor SPT Tahun Pajak 2016;
- pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 buah dengan latar belakang merah;
- curiculum vitae dengan mencantumkan pengalaman bekerja hingga dikala ini; (Form B)
- statement of interest (berisi antara lain motivasi menentukan PP INSW; kenapa anda layak diterima sebagai PP INSW, dan apa yang akan dilakukan bila diterima pada posisi yang diminati); (Form C)
- esai (sesuai dengan posisi yang diminati), khusus untuk Jabatan Kepala Divisi dan Kepala Subdivisi;
- surat keterangan tidak sedang menjalani atau dalam proses penjatuhan eksekusi disiplin dari pejabat yang berwenang; (Form D)
- surat pernyataan dari pelamar (bermaterai dan ditandatangani) yang memuat hal-hal dibawah ini: (Form E1)
- bersedia mematuhi ketentuan seleksi;
- menyatakan kebenaran seluruh dokumen yang dilampirkan;
- menyatakan keaslian esai.
V. KETENTUAN ESAI
- Esai merupakan naskah asli, bukan saduran/terjemahan, dan merupakan hasil anutan pelamar sendiri.
- Judul esai bebas sepanjang mengacu kepada tema yang ditentukan dan memuat kesimpulan.
- Bahasa yang dipakai yakni Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
- Esai dalam bentuk softcopy disampaikan dalam bentuk file PDF dan MS Word.
- Esai dibentuk maksimal 9 halaman ukuran kertas A4 (tidak termasuk tabel bila ada), spasi 1,5, font Arial ukuran 11).
VI. TEMA ESAI DAN PENJELASAN
1. Kepala Divisi Hubungan Antar Lembaga
Salah satu tantangan utama INSW untuk mengharmonisasikan peraturan di K/L yang masih tumpang tindih dalam mendukung kelancaran perdagangan internasional yakni tidak mempunyai kewenangan secara pribadi untuk mengatur konten dari suatu peraturan yang akan diterbitkan atau yang sudah diberlakukan oleh K/L.
Selain itu secara organisasi, INSW yakni unit setara eselon I di bawah Kementerian Keuangan sehingga ada kendala birokrasi maupun psikologis dikala INSW harus mengkoordinasikan K/L.
Terkait dengan kondisi yang diuraikan diatas, silahkan kirimkan wangsit goresan pena yang inovatif dan memperlihatkan solusi bagaimana INSW sanggup menjalankan mandat tersebut secara efektif dan efisien.Tulisan meliputi sekurang-kurangnya taktik yang akan diambil baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, beserta ukuran-ukuran keberhasilannya
2. Kepala Subdivisi Tata Kelola Teknologi Informasi
Kegiatan perdagangan internasional melibatkan banyak K/L dan juga pelaku usaha. Banyaknya pihak yang terlibat tentunya juga melibatkan banyaknya data.
Kondisi yang terjadi kini yakni data-data tersebut belum terintegrasi optimal antar K/L dan pengguna jasa dalam rangka membuat arus pelayanan barang dan dokumen yang efektif dan efisien. Data-data tersebut juga belum diolah secara optimal untuk memperlihatkan gosip yang berkhasiat bagi K/L dalam pengambilan keputusan strategis dalam proses pelayanan dan pengawasan.
Terkait dengan kondisi yang diuraikan diatas, silahkan kirimkan wangsit goresan pena yang inovatif dan memperlihatkan solusi terkait dengan apa yang bisa dilakukan INSW terkait kondisi di atas. Tulisan meliputi sekurang-kurangnya tujuan, taktik dalam mencapai tujuan tersebut serta ukuran/indikator keberhasilannya. Pengembangan wangsit lebih lanjut sangat disarankan.
VII. PROSEDUR SELEKSI
- Seleksi manajemen dan esai : panitia seleksi akan melaksanakan verifikasi berkas manajemen serta seleksi esai dan akan mengumumkan akhirnya pada ahad ke-3 bulan Juni tahun 2017;
- Seleksi Assessment Center untuk jabatan Kepala Divisi dan Kepala Subdivisi : pelamar yang lolos seleksi manajemen dan esai berhak mengikuti seleksi Assessment Center yang akan diadakan ahad ke-2 bulan Juli 2017;
- Wawancara : Pelamar yang lolos seleksi administrasi, esai dan/atau Assessment Center berhak mengikuti wawancara (seleksi final) yang akan diadakan mulai ahad ke-2 bulan Juli 2017;
- Hasil seleksi final akan diumumkan pada ahad ke-4 bulan Juli 2017.
Catatan :
- Dokumen Persyaratan diterima paling lambat : 09 Juni 2017 (cap pos).
- Pelamar yang akan mendaftar untuk posisi jabatan pelaksana diperbolehkan mendaftar maksimal untuk 2 (dua) posisi;
- Pelamar dari PNS Kementerian/Lembaga di luar Kementerian Keuangan status kepegawaiannya akan ditugaskan sebagai pegawai Kementerian/Lembaga yang dipekerjakan pada Kementerian Keuangan c.q. Sekretariat Jenderal;
- Biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh peserta/pelamar tidak ditanggung oleh Panitia Seleksi;
- Apabila selama proses seleksi ini hingga dengan pengangkatan dalam jabatan diketahui bahwa peserta/pelamar memperlihatkan keterangan/data yang tidak benar, Panitia Seleksi berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan sebagai peserta/pelamar seleksi;
- Dalam rangka Seleksi Pemenuhan Kebutuhan Pegawai Pengelola Portal Indonesia National Single Window, Panitia Seleksi tidak memungut biaya apapun;
- Keputusan Panitia Seleksi Pemenuhan Kebutuhan Pegawai Pengelola Portal Indonesia National Single Window bersifat final dan tidak sanggup diganggu gugat.
- Seluruh pengumuman dalam tahapan seleksi ini akan disampaikan melalui laman www.insw.go.id, www.kemenkeu.go.id, dan www.sdm.kemenkeu.go.id.
- Informasi lebih lanjut sanggup ditanyakan melalui email : rekrutmen.ppinsw@kemenkeu.go.id.
Bagaimana anda tertarik bekerja di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ....??
Jika anda tertarik dengan Lowongan Kerja Kementerian Keuangan, Silahkan melaksanakan registrasi dengan cara MENDOWNLOAD FORM pada link Sumber Lowongan yang ada dibawah, kemudian melengkapi berkas dan mengirimkan Berkas lamaran dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy sesuai petunjuk dibawah ini :
1. Hardcopy, dikirm ke alamat :
Panitia Seleksi Pemenuhan Kebutuhan Pegawai PP INSW
Kantor Pengelola Portal Indonesia National Single Window,
Gedung Sarana Jaya 3,
Jalan Rawamangun No.59C (Pramuka Raya),
Rawasari, Jakarta Pusat 10570
2. Softcopy, dikirim ke alamat email
Email : rekrutmen.ppinsw@kemenkeu.go.id,
Ketengan :
Panitia Seleksi Pemenuhan Kebutuhan Pegawai PP INSW
Kantor Pengelola Portal Indonesia National Single Window,
Gedung Sarana Jaya 3,
Jalan Rawamangun No.59C (Pramuka Raya),
Rawasari, Jakarta Pusat 10570
2. Softcopy, dikirim ke alamat email
Email : rekrutmen.ppinsw@kemenkeu.go.id,
Ketengan :
- Paling lambat 9 Juni 2017 pukul 17.00 WIB
- Subjek email arahan sesuai posisi yang diminati.
Sumber : Loker Kemenkeu
Lowongan Kerja Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
Reviewed by Saputra
on
8:20 AM
Rating:
No comments: